Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Acara perpisahan rutin dilakukan berdekatan dengan pengumuman kelulusan siswa kelas 6. Berbagai agenda dilaksanakan pada kegiatan tersebut sesuai susunan acara. Mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, membaca doa, sambutan-sambutan, pembacaan pidato, hingga berbagai acara hiburan.

Perwakilan siswa kelas 6 ditunjuk untuk menyampaikan pidato di panggung. Pidato tersebut bisa dibaca maupun dihafal. Sesuai dengan keinginan dan kenyamanan siswa yang bersangkutan. Apabila dibaca, pandangan siswa tidak harus terpaku pada teks pidato melainkan sesekali harus melihat pada audiens. Hal ini bertujuan untuk membangun kesan komunikatif antara pembaca pidato dengan penonton.

Struktur teks pidato meliputi salam, pendahuluan, kesan selama di sekolah, harapan, permohonan maaf kepada seluruh warga sekolah, dan penutup. Isi masing-masing pidato dapat disesuaikan dengan keinginan dan keadaan di sekolah. Tim diaryguru menyediakan salah satu contoh teks pidato kelas 6 dari salah satu sekolah dasar.

File contoh pidato dapat diedit dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word karena berfomat atau ekstensi word. KOP sekolah dapat diganti, begitu pula nama sekolah pada isi teks pidato perpisahan kelas 6. Semoga teks berikut bermanfaat. Baca juga Pidato Perpisahan Kelas 6 Dari Adik Kelas




Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎