Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Perpisahan Kelas 6 Dari Adik Kelas

Pidato dari perwakilan adik kelas I sampai kelas V disampaikan ketika acara kenaikan kelas sekaligus perpisahan atau pelepasan siswa kelas VI. Pidato tersebut memuat kesan selama berinteraksi dengan kakak kelas, pengalaman bersama, dan kenangan yang pahit dan indah bersama. 

Adik kelas juga mengucapkan permohonan maaf apabila selama bersekolah bersama, terdapat perkataan dan tindakan yang menyinggung perasaan kakak kelas VI. Ucapan sukses juga disampaikan karena telah lulus ujian sekolah dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dalam hal ini jenjang SMP.

Guru dapat menunjuk siswa kelas tinggi untuk menyampaikan pidato perpisahan kepada kakak kelas VI. Kebanyakan memilih kelas V, tapi tidak menutup kemungkinan memilih siswa kelas IV apabila memang berbakat berbicara di depan banyak orang.

Siswa yang menjadi perwakilan dilatih agar dapat membaca pidato secara baik. Mulai dari pembacaan berdasarkan tanda baca titik dan koma hingga intonasi. Tidak lupa juga siswa harus melakukan kontak mata dengan penonton agar memberikan kesan interaktif.

Siswa yang tampil membacakan pidato harus dimotivasi agar percaya diri ketika berada di depan panggung. Latih hingga dia terbiasa dengan lingkungan yang ramai penonton. Katakan bahwa semua akan baik-baik saja. Siswa akan tampil setelah dipanggil oleh MC

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Dari Adik Kelas


File berformat word padat diedit sesuai dengan kebutuhan sekolah. Silakan didownload

DOWNLOAD

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali