Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Pelajaran Kelas 2 Kurikulum Merdeka

Penggunaan kurikulum baru berimbas pada jadwal pelajaran. Jadwal pelajaran harus memuat mata pelajaran yang diberlakukan pada kurikulum merdeka sesuai dengan ketentuan jam pelajaran (JP). Semua komponen sekolah harus terlibat dalam pembuatan jadwal agar saling bersepakat dan tidak ada mata pelajaran yang berbenturan.

Berdasarkan juknis dari Kemendikbud, jumlah jam pelajaran untuk mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti dan PJOK yang semula 4 JP setiap minggunya berubah menjadi hanya 3 JP saja. Guru bidang studi tersebut akan dilibatkan dalam mata pelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajaran Pancasila). Perannya tentu bisa sebagai koordinator P5 sekaligus terlibat memberikan pelajaran P5 kepada peserta didik.

Ketentuan jam pelajaran untuk mata pelajaran lain yaitu, Pendidikan Pancasila 4 JP selama satu minggu jadi total alokasi pertahun 144 JP, Bahasa Indonesia 7 JP per minggu dengan total 252 JP per tahun, Matematika seminggu 5 JP dengan alokasi pertahun 180 JP, Seni dan Budaya 3 JP setiap minggu, Bahasa Inggris 2 JP, dan Muatan Lokal 2 JP.

Terlihat adanya perubahan yang masif pada kurikulum merdeka, mulai dengan adanya mata pelajaran baru yaitu P5, pelajaran bahasa inggris yang sudah diwajibkan pada siswa kelas 2, hingga penyesuaian jam pelajaran. Semakin  pesatnya perkembangan zaman, merefleksi pemerintah melalui Kementerian Pendidikan untuk berbenah diri. Pembelajaran mulai dirasionalisasi sesuai dengan tuntutan kompetensi global di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Apabila pihak sekolah kalian belum memiliki referensi untuk pembuatan jadwal kurikulum merdeka untuk kelas 2, silakan akses filenya pada bagian bawah artikel ini. Baca juga jadwal kurikulum merdeka untuk kelas 1 , kelas 2, dan kelas 4 yang terlebih dahulu sudah menerapkan kurikulum merdeka.


Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎