Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kartu Pelajar

Selain penggunaan seragam sekolah, identitas seorang siswa dapat diketahui melalui kartu pelajar. Desain kartu pelajar setiap sekolah berbeda-beda. Terdapat beberapa sekolah yang mewajibkan siswa untuk selalu membawa kartu pelajarnya ke sekolah. Terkadang ada toko yang memberikan diskon atau potongan harga kepada pelajar, asalkan mereka bisa menunjukkan kartu pelajarnya.

Kartu pelajar dibuat secara serentak (biasanya satu angkatan) sehingga harus dipesan langsung kepada pihak sekolah. Apabila kartu pelajar kalian hilang, maka pihak sekolah akan membautkan kembali pada tahun ajaran berikutnya. Serentak dengan angkatan yang baru. Kalian sebenarnya bisa membuat kartu pelajar sendiri, tetapi harus memiliki desainnya. Kartu pelajar SD, SMP, SMA memiliki dua sisi yaitu tampak depan dan tampak belakang.

Cara Buat Kartu Pelajar

1) Mengisi file excel dengan identitas siswa

Kami sudah menyediakan file yang bisa diisi dengan identitas yang akan tertera pada kartu pelajar. Identitas tersebut meliputi Nama, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), Jenis Kelamin, TTL (Tempat, Tanggal Lahir), Alamat. Setelah mengisi tabel tersebut, jangan lupa untuk disimpan (SAVE).

2) Membuka file word untuk mencetak kartu pelajar

Kami juga sudah menyediakan file word untuk mengecek identitas siswa yang sudah dimasukkan pada aplikasi excel. Otomatis akan muncul identitas siswa sesuai dengan urutan yang ada pada tabel. Kalian bisa mencetak kartu pelajar pada aplikasi ini. Foto siswa, nama sekolah, logo, kode barcode, janji siswa bisa kalian diubah pada bagian ini. Untuk membuka file word tersebut dilakukan beberapa langkah yaitu

  • Buka file word pada folder yang bernama Design Kartu Pelajar Siap Cetak
  • Pilih Yes saat muncul perintah data from your database will be placed in the document.

  • Klik Menu Mailings

  • Klik tanda ke kanan untuk mengubah nama siswa secara otomatis. Sesuai dengan urutan siswa



Catatan : Biarkan file word dan file excel pada folder yang kami buatkan. 
Selamat mencoba. Semoga berhasil.
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎