Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG Guru SD

Pretest PPG dilaksanakan sebagai serangkaian seleksi untuk memperoleh sertifikat pendidikan. Apabila sudah lulus pretes, maka guru atau calon guru berkesempatan mengikuti program profesi guru. Lama pelaksanaannya sekitar beberapa bulan. Pada akhir program, nilai ujian pengetahuan (UP) menjadi salah satu indikator kelulusan.

Banyak guru yang mengalami kegagalan pada pretest karena nilainya tidak mencapai passing grade yang telah ditentukan. Soal-soal yang diujikan diluar dari ekspetasi. Bahkan tidak sedikit dari mereka mengira soal yang keluar akan sama dengan soal-soal SD yang sering diajarkan.

Materi soal yang diujikan meliputi dua jenis yaitu 

  • Soal Pedagogik (cara membelajarkan materi)
  • Soal Profesional (pendalaman materi).
Kedua soal itu akan dikaitan dengan muatan-muatan pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia. PPKn, IPS, IPA, dan Matematika. Tujuan dari pretest untuk mengukur sejauhmana pemahaman guru terhadap materi yang diajarkan beserta cara membelajarkannya. Pedoman baik atau kurang baiknya dalam membelajarkan materi adalah teori-teori belajar, perkembangan peserta didik, psikologi pendidikan dan kaidah-kaidah pengajaran lainnya.

Soal profesional yang diujikan, kontennya sama dengan materi SD. Namun, yang membedakannya tentu tingkat kesulitannya. Materi soal pretest merupakan materi pengembangan yang diajarkan di sekolah. Jadi, levelnya bisa SMP atau SMA. Guru harus mempelajari atau mengingat kembali materi yang pernah dipelajari saat duduk dijenjang menengah pertama dan atas.

Apabila kalian ingin lulus pretest maka harus dipersiapkan sedini mungkin agar memahami seluruh materi dengan baik. Saat mengerjakan soal tidak perlu panik dan tegang. Meskipun beberapa redaksi soal sangat panjang (relatif), tetapi jika kita cermati pasti ada celah untuk menemukan jawaban. Tetap optimis dengan hasil tes jika sudah melakukan persiapan yang matang.

No Latihan Soal Online
1 Soal Pedagogik Bahasa Indonesia (masih dibuat)
2 Soal Profesional Bahasa Indonesia (masih dibuat)
3 Soal Pedagogik Matematika
4 Soal Profesional Matematika
5 Soal Pedagogik IPA
6 Soal Profesional IPA
7 Soal Profesional IPS (masih dibuat)
8 Soal Profesional IPS (masih dibuat)
9 Soal Profesional PPKn (masih dibuat)
10 Soal Profesional PPKn (masih dibuat)
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎