Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Pelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Sebelum memasuki tahun pelajaran baru, guru harus melakukan analisis hari efektif berdasarkan kalender pendidikan yang berlaku. Setelah itu menyusun jadwal pelajaran. Bagi sekolah yang masih menerapkan kurikulum lama yakni K13, cukup menggunakan jadwal pada tahun pelajaran sebelum-sebelumnya.

Bagaimana jika sekolah tersebut memilih mandiri berubah? Tentu saja harus berkomitmen menerapkan kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Merdeka. Terdapat beberapa perbedaan mata pelajaran dibandingkan kurikulum sebelumnya. Dulu memakai tema sekarang mata pelajaran. Bahkan muatan SBdP menjadi Seni dan Budaya yang mana siswa diberikan kebebesan bidang yang diminati.

Tim dari diaryguru akan memberikan contoh jadwal pelajaran baru kelas 1 yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Jadwal ini sudah disusun berdasarkan aturan alokasi waktu pada Surat Keputusan Kemendikbudristek nomor 56 tahun 2022. Termasuk memasukkan mata pelajaran baru yaitu P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jadwal ini bisa didownload dalam bentuk file excel. Bisa diubah ke word juga. Selain itu, Identitas sekolah, guru, tahun pelajaran, dll bisa diubah sesuai pihak bersangkutan.

1 JP (Jam Pelajaran) sama dengan 35 menit. Siswa kelas 1 hanya mendapatkan waktu sebanyak sekali dengan durasi 15 menit. Beban belajar di kelas 1 lebih sedikit dibandingkan kelas-kelas lain. Dulu bahasa Inggris bukanlah pelajaran wajib, namun sekarang diajurkan oleh pemerintah untuk diadakan. Hal ini bukanlah tanpa alasan, mengingat betapa pentingnya mata pelajaran tersebut di zaman sekarang.

Orang tua siswa mungkin akan bingung dengan adanya satu mata pelajaran yang baru. Sudah menjadi keharusan bagi pihak sekolah untuk mengadakan sosialisasi terkait Kurikulum Merdeka. Pelajaran P5 juga harus dijelaskan secara jelas dan terperinci. Nantinya orang tua diharapkan ikut berkalaborasi untuk menyukseskan tujuan dari penerapan kurikulum baru yaitu memanusiakan manusia.

Pada pelajaran muatan lokal dapat diisi dengan pelajaran bahasa daerah seperti Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bali, dan lainnya. Alokasi waktunya 2 JP yaitu 2 x 35 menit selama satu minggu. Esktrakurikuler juga disesuaikan dengan kesiapan masing-masing sekolah. Bisa mengadakan Pramuka, Math Club, Science Club, Karate, dan berbagai ekstra lainnya.


Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar di Kota Denpasar ❤︎