Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Bagi sekolah yang sudah memilih mandiri berubah tentu harus menerapkan Kurikulum Merdeka mulai tahun pelajaran baru. Terdapat banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari memahami esensial Kurikulum, menyusunnya, hingga membuat jadwal pelajaran.

Dalam penyusunan jadwal pelajaran tentu harus berpedoman pada aturan dari Kemendikbudristek terkait alokasi waktu pada masing-masing mata pelajaran. Misalnya saja, dulu pada kurikulum K13 mata pelajaran Agama dan Pendidikan Budi Pekerti alokasi waktunya 4 JP setiap minggu. Begitu pula dengan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. 

Kedua mata pelajaran tersebut hanya diajarkan selama 3 JP setiap minggunya. Sisa masing-masing 1 JP dipergunakan ke mata pelajaran P5 atau kepanjangan dari Proyek Pengembangan Profil Pelajaran Pancasila. Terdapat 5 tema pada P5 yang bisa dipilih 2-3 tema per tahun. Tema yang dimaksud yaitu 1) Gaya Hidup Berkelanjutan 2) Kearifan Lokal 3) Bhineka Tunggal Ika 4) Bangunlah Jiwa dan Raganya 5) Kewirausahaan

Sebelumnya tersebar isu bahwa guru akan sulit mendapatkan sertifikasi apabila menerapkan Kurikulum Merdeka karena jam mengajar mereka berkurang. Padahal faktanya jam mengajar guru akan bertambah. Misalnya guru menjadi koordinator pelajaran P5, maka dia akan mendapatkan 2 JP per minggu. Belum lagi guru tersebut ikut mengajar atau menjadi fasilitator, otomatis jam mengajar akan bertambah.

Berikut Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Jadwal Pelajaran Kelas 4

Dapatkan juga Jadwal Pelajaran Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali