Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Pekerjaan Jurusan PGSD

Peluang Pekerjaan Tamatan PGSD Selain Menjadi Guru. PGSD merupakan singkatan dari pendidikan guru sekolah dasar. Tamatan jurusan PGSD akan bergelar S.Pd (Sarjana Pendidikan). Pada tahun 90an, pekerjaan guru kurang diminati oleh orang-orang karena gajinya yang dianggap masih rendah. Pada tahun 2015 disusunlah UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mewajibkan guru untuk memiliki sertifikat pendidik. 

Mahasiswa PGSD

Guru mengikuti program sertifikasi pendidik paling lama dalam waktu 12 (dua belas) bulan terhitung sejak berlakunya Undang-Undang ini. Penghargaan untuk guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik yaitu diberikan TPG (Tunjangan Profesi Guru) yang besarannya 1 x gaji pokok. Semenjak saat itu pekerjaan guru mulai dilirik oleh banyak orang dan dianggap sebagai pekerjaan yang memiliki prospek yang cerah. 

Sekolah keguruan yang awalnya sepi peminat, akhirnya sibuk menambah rombel untuk memfasilitasi orang-orang yang berkeinginan menjadi guru. Sekolah keguruan pun mulai menjamur, bahkan perguruan tinggi yang awalnya tidak menyediakan jurusan PGSD tiba-tiba menyediakan. Fenomena ini memang bisa menjadi angin segar untuk negara Indonesia yang masih kekurangan guru dibeberapa wilayah. 

Disisi lain, jumlah lulusan PGSD yang semakin tahun semakin banyak menyebabkan mereka harus memutar otak. Jumlah lulusan dengan ketersediaannya lowongan pekerjaan tidak sebanding. Mereka yang memilih jurusan PGSD pasti ingin menjadi guru. Dengan segala situasi yang ada maka mahasiswa semester akhir dan tamatan PGSD harus memiliki plan pekerjaan selain menjadi guru. Berikut ini pekerjaan yang bisa dipilih orang tamatan PGSD.

Peluang Pekerjaan Tamatan PGSD

1) Pegawai Bank

Bank ternama di Indonesia seperti BNI, BRI, Mandiri, dan BI memerlukan pegawai dengan kualifikasi Pendidikan minimal D3/S1 semua jurusan (Fresh Graduate/Berpengalaman) untuk mengisi formasi Customer Service, Teller, dan Account Officer

Tamatan PGSD dapat memilih pekerjaan ini sebagai opsi yang menjanjikan. Kemampuan komunikasi yang selama ini dilatih ketika kuliah dapat digunakan untuk pekerjaan ini. 

Tamatan PGSD juga dipandang disiplin dan rapi dibandingkan dengan tamatan dari jurusan lain. Penggunaan seragam saat kuliah menjadi alasan kenapa tamatan PGSD terbiasa berpakaian yang rapi dan sopan. 

Pihak bank selalu hadir pada kegiatan Job Fair yang diselenggarakan oleh pihak-pihak Perguruan Tinggi Keguruan tertentu. Hal ini mencerminkan bahwa pihak bank masih menaruh rasa percaya akan tamatan yang bergelar S.Pd

2) Entrepreneur

Jiwa kewirausahaan harus dikembangkan sejak dini. Berwirausaha dizaman sekarang dapat menjamin kehidupan yang layak. Beberapa mahasiswa ada yang sudah berwirausaha bahkan ketika kuliah. Usaha seperti ini dapat dikembangkan saat tamat agar menghasilkan profit yang lebih tinggi. 

Pada awalnya terlihat susah, bahkan entrepreneur yang sudah sukses mengungkapkan selama perjalanan bisnisnya banyak kegagalan yang sudah dia alami. Bagi yang suka tantangan jelas pekerjaan ini menjadi daya tarik tersendiri. Jenis usaha yang bisa dirintis yaitu

-Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia. Usaha dibidang kuliner tentu saja masih relevan selama manusia makan dan minum. Bagi yang pintar memasak dan suka bereksperimen membuat makanan, pekerjaan ini tentu saja menjadi pilihan. 

Bagi yang tidak bisa memasak juga dapat membuat bisnis ini. Kalian bisa memperkerjakan karyawan dan menyediakan tempat strategis seperti tempat makan di daerah pariwisata. Manajemen dalam pengelolaan, pengembangan, dan pemasaran menjadi kunci sukses usaha ini.

-Pakaian

Berjualan pakaian merupakan pekerjaan yang santai dan dapat dilakukan dimana saja dengan cara online. Omset dari berjualan pakaian pun tidak bisa dianggap remeh. Semakin konsumtifnya masyarakat, maka pakaian akan terus laris manis. 

 Pakaian juga merupakan kebutuhan pokok manusia. Semua orang memakai pakaian setiap hari. Kalian harus pintar untuk menarik perhatian pembeli untuk membeli pakian kalian.

-Laundry

Setiap hari orang-orang pasti beganti pakaian. Bagi masyarakat yang hidup di perkotaan dengan segala kesibukan pekerjaan, mencuci merupakan pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. 

Mereka lebih memilih untuk laundry pakaian. Jika tempat tinggal kalian dekat dengan perguruan tinggi, jelas ini menjadi berkah. Mahasiswa biasanya lebih suka laundry pakaian karena sibuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. 
 

-Membuka Bimbel

Kalian bisa menghubungi teman-teman kuliah yang dipercaya untuk mendirikan bimbingan belajar. Kalian bisa bekerja sebagai pemilik, pengelola, bahkan pengajar di bimbel tersebut. 

Dengan latar pendidikan yang selaras, maka kalian tentunya sudah tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika mendirikan bimbel agar sukses dan konsisten.

3) Freelance

Pekerjaan freelance merupakan pekerjaan yang disukai oleh anak-anak muda. Ini bukannya tanpa sebab, waktu kerja yang fleksibel menjadi point penting dari pekerjaan freelance. 

Mereka dapat bekerja sesuai dengan waktu yang diinginkan. Pekerjaan ini memang sedang populer, bahkan diantaranya bisa menghasilkan gaji yang tinggi.

-Desain Grafis

Di era yang serba digital ini, permintaan akan design semakin meningkat. Jika kalian memiliki hobi membuat design dengan menggunakan aplikasi Corel Draw atau yang lainnya. 

Selamat kalian berada pada jalur yang tepat. Kalian bisa mejual design atau mengerjakan design dari klien. Sekarang sudah ada website yang membantu orang yang membutuhkan design bertemu dengan desainer grafis. 

-Photo dan Video Editor

Multimedia menjadi hiburan tersendiri yang mudah dinikmati. Kalian bisa menjadi photo dan video editor untuk event-event yang besar seperti prewedding, seminar, dan lain-lain. 

Jika kalian sudah terbiasa dan mahir, kalian bisa mengerjakan tugas kalian dengan cepat. Banyak project yang akan kalian selesaikan dalam waktu yang singkat

-Penyiar Radio

Komunikasi menjadi hal utama yang dibutuhkan oleh penyiar radio. Kalian bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan untuk mengisi waktu luang. 

Bagi kalian yang suka berekspresi lewat suara, pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan untuk kalian